Gatal: Penyebab, Gejala, dan Tanda

Gatal adalah gejala yang kita semua alami. Namun demikian, gatal bisa sulit bagi seseorang untuk menggambarkan kepada orang lain. Sementara gejala gatal bervariasi, biasanya menyebabkan sensasi kulit yang sangat tidak nyaman.

Gatal pada kulit memiliki berbagai macam penyebab dan gejala

Mungkin terasa seolah ada sesuatu yang merayapi (atau di) kulit Anda. Gatal dapat menyebar (umum ke seluruh tubuh) atau terlokalisasi - seluruh atau terbatas pada titik tertentu - dan ada banyak penyebab gatal pada kulit menyebar dan lokal. Gejala gatal dapat dikaitkan dengan


  • ruam,
  • kulit kering,
  • kulit pecah,
  • kulit terkelupas,
  • kulit kepala terkelupas,
  • kemerahan kulit,
  • benjolan di kulit,
  • lecet, atau
  • bintik-bintik pada kulit.


Gatal mungkin paling terlihat di malam hari (nokturnal), di siang hari, atau keduanya. Ketika ada gejala gatal, bisa ada tekstur kasar atau bersisik pada kulit tergantung pada penyebabnya.

Gatal dapat disebabkan oleh racun pada kulit (dermatitis kontak, seperti dari poison ivy, poison oak, poison sumac, atau minyak rumput), obat-obatan, penyakit hati, penyakit ginjal, gigitan serangga, gatal-gatal (urtikaria), bentuk kulit yang langka kanker (mikosis fungoides dan limfoma sel-T), infeksi (termasuk cacar air dan infeksi jamur seperti gatal-gatal pada atlet), iritasi akibat pakaian, eksim, dermatitis herpetiformis, wasir, dan banyak kondisi lainnya, atau dapat tetap tidak dijelaskan. Penyebab infeksi gatal termasuk penyakit menular seksual (PMS), parasit (seperti kudis, kutu, kutu busuk, cacing kremi, dan kutu), dan ruam virus.

Mungkin definisi terbaik dari gatal adalah dengan respons yang ditimbulkannya - itu adalah perasaan yang membuat Anda ingin menggaruk. Ruam atau kemerahan dapat timbul karena gatal-gatal akibat garukan atau dari kondisi yang mendasarinya. Secara medis, gatal dikenal sebagai pruritus. Sesuatu yang gatal dikatakan pruritus.

Kesimpulan Gejala Gatal

Ulasan dari Komentar Pasien kami menunjukkan bahwa orang yang gatal juga mungkin memiliki gejala yang ada. Satu pasien melaporkan sensasi sesuatu yang merayap di kulitnya, sementara yang lain menyebutkan perasaan sesuatu bergerak dalam darahnya. Terkadang kram dan terik menyertai gatal gatal. Beberapa pasien mencatat bahwa minum obat tertentu menyebabkan rasa gatal, sementara obat lain meredakan rasa gatal mereka.



Source:
http://seputarbayidanbunda.blogspot.com/2019/06/cara-mengatasi-gatal-pada-kulit-bayi.html

Komentar