Eksim dan Kulit Anda | Jenis, Gejala, Penyebab, dan lainnya

Eksim adalah istilah untuk sekelompok kondisi medis yang menyebabkan kulit menjadi meradang atau iritasi. Jenis eksim yang paling umum dikenal sebagai dermatitis atopik atau eksim atopik. Atopic mengacu pada sekelompok penyakit dengan kecenderungan yang sering diturunkan untuk mengembangkan kondisi alergi lainnya, seperti asma dan demam.

eksim
Eksim dan Kulit Anda | Gejala, Jenis, Penyebab, dan Cara Mengatasi
Eksim memengaruhi sekitar 10% hingga 20% bayi dan sekitar 3% orang dewasa dan anak-anak di A.S. Sebagian besar bayi yang mengalami kondisi tumbuh lebih cepat pada ulang tahun kesepuluh mereka, sementara beberapa orang terus memiliki gejala hidup dan mati sepanjang hidup. Dengan perawatan yang tepat, penyakit ini seringkali dapat dikendalikan.

Apa Gejala Eksim?

Tidak peduli bagian mana dari kulit yang terkena, eksim hampir selalu terasa gatal. Kadang-kadang gatal akan mulai sebelum ruam muncul, tetapi ketika itu terjadi, ruam paling sering muncul di wajah, bagian belakang lutut, pergelangan tangan, tangan, atau kaki. Ini juga dapat mempengaruhi area lain.

Daerah yang terkena biasanya tampak sangat kering, menebal, atau bersisik. Pada orang yang berkulit putih, area ini pada awalnya mungkin tampak kemerahan dan kemudian berubah menjadi coklat. Di antara orang yang berkulit gelap, eksim dapat memengaruhi pigmentasi, membuat area yang terkena lebih terang atau lebih gelap.

Baca Juga: Gatal: Penyebab, Gejala, dan Tanda

Pada bayi, ruam yang gatal dapat menyebabkan kondisi kerak yang mengalir terutama pada wajah dan kulit kepala, tetapi bercak dapat muncul di mana saja.

Apa Penyebab Eksim?

Penyebab eksim tidak diketahui, tetapi diduga terkait dengan respons yang terlalu aktif oleh sistem kekebalan tubuh terhadap iritan. Respons inilah yang menyebabkan gejala eksim.

Selain itu, eksim biasanya ditemukan pada keluarga dengan riwayat alergi atau asma lainnya. Selain itu, cacat pada penghalang kulit dapat menyebabkan kelembaban dan kuman masuk.

Beberapa orang mungkin mengalami "kulit memerah" ruam gatal sebagai respons terhadap zat atau kondisi tertentu. Bagi sebagian orang, bersentuhan dengan bahan kasar atau kasar dapat menyebabkan kulit menjadi gatal. Bagi yang lain, merasa terlalu panas atau terlalu dingin, terpapar produk rumah tangga tertentu seperti sabun atau deterjen, atau bersentuhan dengan bulu binatang dapat menyebabkan wabah. Infeksi saluran pernapasan atas atau pilek juga dapat menjadi pemicu. Stres dapat menyebabkan kondisinya memburuk.

Meskipun tidak ada obatnya, kebanyakan orang dapat secara efektif mengelola penyakit mereka dengan perawatan medis dan dengan menghindari iritasi. Kondisi ini tidak menular dan tidak dapat disebarkan dari orang ke orang.

Bagaimana Mendiagnosis Eksim?

Dokter anak, dokter kulit, atau dokter umum Anda dapat membuat diagnosis eksim. Meskipun tidak ada tes untuk menentukan eksim, paling sering dokter Anda dapat mengetahui apakah itu eksim dengan melihat kulit Anda dan dengan mengajukan beberapa pertanyaan.

Karena banyak orang dengan eksim juga memiliki alergi, dokter Anda dapat melakukan tes alergi untuk menentukan kemungkinan iritasi atau pemicu. Anak-anak dengan eksim kemungkinan besar akan diuji untuk alergi.

Bagaimana Mengobati Eksim?

Tujuan dari perawatan untuk eksim adalah untuk menghilangkan dan mencegah gatal-gatal, yang dapat menyebabkan infeksi. Karena penyakit ini membuat kulit kering dan gatal, lotion dan krim dianjurkan untuk menjaga kulit tetap lembab. Produk-produk ini biasanya diterapkan ketika kulit lembab, seperti setelah mandi, untuk membantu kulit mempertahankan kelembaban. Kompres dingin juga dapat digunakan untuk menghilangkan rasa gatal.

Produk yang dijual bebas, seperti krim hidrokortison 1%, atau krim resep dan salep yang mengandung kortikosteroid, sering diresepkan untuk mengurangi peradangan. Selain itu, jika daerah yang terinfeksi menjadi terinfeksi, dokter Anda mungkin akan meresepkan antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab infeksi.

Perawatan lain termasuk antihistamin untuk mengurangi rasa gatal yang parah, perawatan tar (bahan kimia yang dirancang untuk mengurangi rasa gatal), fototerapi (terapi menggunakan sinar ultraviolet yang diterapkan pada kulit), dan obat siklosporin untuk orang yang kondisinya tidak menanggapi perawatan lain.

FDA telah menyetujui dua obat yang dikenal sebagai imunomodulator topikal (TIMs) untuk pengobatan eksim ringan hingga sedang. Obat-obatan, Elidel dan Protopic, adalah krim kulit yang bekerja dengan mengubah respons sistem kekebalan tubuh untuk mencegah kambuh.

FDA telah memperingatkan dokter untuk meresepkan Elidel dan Protopic dengan hati-hati karena kekhawatiran atas risiko kanker yang mungkin terkait dengan penggunaannya. Kedua krim ini juga membawa peringatan "kotak hitam" FDA pada kemasan mereka untuk mengingatkan dokter dan pasien terhadap risiko potensial ini. Peringatan itu menyarankan dokter untuk meresepkan penggunaan jangka pendek dari Elidel dan Protopic hanya setelah perawatan eksim lain yang tersedia telah gagal pada orang dewasa dan anak-anak di atas usia 2. Itu tidak boleh digunakan pada anak di bawah usia 2.

Cara Mencegah Penyakit Eksim?

Penyakit eksim kadang-kadang dapat dihindari atau keparahan berkurang dengan mengikuti tips sederhana ini:


  • Sering-seringlah melembabkan kulit Anda
  • Hindari perubahan suhu atau kelembaban yang tiba-tiba.
  • Hindari berkeringat atau kepanasan.
  • Mengurangi stres.
  • Hindari bahan yang gatal, seperti wol.
  • Hindari sabun, deterjen, dan pelarut yang keras.
  • Waspadai semua makanan yang bisa menyebabkan wabah dan hindari makanan itu.
  • Gunakan pelembab ruangan di kamar tempat Anda tidur.

Komentar